Keistimewaan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam kalender dalam bulan Qoamariyah, banyak sekali keistimewaan dalam bulan ramadhan. Begitulah yang dikatakan oleh penceramah dalam kultum tarawih kedua pada malam hari ini. Oleh sebab itulah akan menjadi sangat merugi bagi orang-orang Islam khususnya yang menjalankan ibadah puasa jika tidak mempergunakan bulan ramadhan untuk melakukan hal-hal yang baik yang bisa bermanfaat bagi orang lain.


Kebaikan yang dilakukan dalam bulan ramadhan memiliki satu tujuan yaitu untuk mencapai predikat sebagai seorang yang bertaqwa. Sehingga amat sangat merugi bagi mereka yang menyia-nyiakan kehadiran bulan ramadhan. Karena pada bulan inilah berbagai keistimewaan telah terhampar dan diperuntukkan bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa dengan penuh keimanan.
Gambar pinjem dari sini

Salah satu keistimewaan dalam bulan ini adalah, siapa yang melakukan amal kebajikan maka pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah menjadi 700X. Hal tersebut tentu sangat luar biasa, bagi siapa saja yang melakukan amal kebaikan sekali maka akan mendapatkan pahala lebih besar lagi. Oleh sebab itulah mari jadikan bulan puasa ini sebagai sarana untuk meningkatkan amal kebajikan dan juga sarana untuk memperoleh ridha Allah SWT.

Keistimewaan lainnya adalah bahwa bulan ramadhan memiliki banyak sekali nama-nama, ada bulan ibadah (syahru ibadah), bulan pendidikan (syahru tarbiyah), bulan shodaqah (syahru sadaqah), bulan ampunan (syahru magfirah), dan lain sebagaiya. Hal itu tentu menunjukkan bahwa bulan ramadhan merupakan sebuah bulan mulia yang memang memiliki banyak keutamaan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. 

Demikian isi singkat ceramah pada malam kedua dalam salat tarawih yang saya ikuti semoga bermanfaat bagi kita semua, amien. 

12 komentar:

  1. Subhanallah... mohon maaf lahir batin ya..

    BalasHapus
  2. selamat menggapai kemuliaan ramadhan :)

    BalasHapus
  3. Selamat menjalankan ibadah puasa pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, met menjalankan ibadah puasa juga

      Hapus
  4. Begitu banyak lipat ganda pahalanya ya, Mas. ..

    MEt puasa, ya. .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. met puasa juga yang di banjarnegara

      Hapus
  5. bulan seribu bulan deh pokoknya :))

    Selamat berpuasa :)

    BalasHapus
  6. Bulan puasa itu emang bulan usaha nambah pahala, apalagi dilipatgandakan Kak.

    Happy blogging Kak!!

    BalasHapus