Pelatihan Komputer Braille

Pada hari Sabtu kemarin 1 Juni 2013 di sekolahku diadakan kegiatan berupa pelatihan Komputer Braille, yaitu komputer yang dikhususkan bagi para siswa yang berkebutuhan khusus jurusan tuna netra (buta). Komputer ini secara fisik sama seperi komputer-komputer lainnya, ada CPU, Monitor, dan lain sebagainya. Hanya saja yang membedakan adalah program di dalamnya yang memang sudah di setting khusus untuk mereka yang tuna netra.


Selain itu, dalam komputer braille sekali kita mengetik maka secara otomatis akan keluar suara (penterjemah). Hal tersebut tentu sangat wajar karena yang menggunakan adalah tuna netra yang notabenenya tidak memiliki penglihatan yang normal. Secara sederhana komputer ini ibaratnya adalah penerjemah, ketika kita mengetik apapun lalu kita bisa mengconvert atau menterjemahkan ke dalam huruf-huruf braille secara otomatis.

Bagi yang sudah mengetahui huruf Braille mungkin akan bisa paham, namun bagi yang belim mengetahui huruf braille tentu tidak akan mengerti mengingat huruf braille merupakan titik-titik dengan kode-kode tertentu. Aku sendiri merasa bingung mencermati huruf-huruf tersebut. Yang jelas belajar huruf braille maupun belajar mengoperasikan komputer braille sangat menantang. Kesulitan belajar huruf braille tentu saja cara membacanya, hehehehe.
Huruf Braille

Satu lagi yang membedakan komputer braille dengan yang umum adalah soal printnya. Print komputer braille harganya sangat mahal, yang ada di sekolahku saja yang model biasa harganya adalah 50 juta, katanya yang bagus harganya bisa mencapai 100-200 juta persatunya. Belum lagi kertas yang digunakan untuk ngeprint juga merupakan kertas khusus yang harganya juga sangat mahal sekali karena memang menggunakan kertas yang khusus.
Pelatihan dimulai pukul 10.00 dan berakhir pada jam 13.00, meskipun acara ini boleh dikatakan sebagai pelatihan dasar, akan tetapi hal tersebut memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi segenap guru-guru di SLB Negeri Ungaran, khususnya tentu saja buatku. Karena melalui acara ini aku juga semakin tahu bagaimana cara menulis braille dengan komputer.


10 komentar:

  1. Baru tahu ada printer yg bisa ngeprint huruf2 braille. Semoga kedepannya harga2 hardware khusus ini bisa lebih terjangkau. Btw, itu keyboard kompienya juga pake huruf braille, penuh tonjolan gitu? Kereeeenn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada, dan memang sangat mahal harganya...

      Hapus
  2. Sangat mahal ya, Mas, printernya, tapi bermanfaat banget tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. njeh ustadz mahal sekali, sangat bermanfaat di SLB

      Hapus
  3. baru tahu ada komputer & printer khusus braile..sesuatu yg baru ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupsss sebenarnya sudah lama tapi jarang ada yang tahu...

      Hapus