Sekolah Berwawasan Lingkungan


Menemukan sekolah dengan suasana yang asri dan nyaman dengan lingkungan ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang saat ini sangatlah sulit. Konsep sekolah modern saat ini lebih mementingkan bangunan fisik bertingkat dengan ruang ber AC. Meskipun lingkungan sekolah terasa panas, akan tetapi hal itu dianggap biasa karena di dalam ruangan belajar tetap adem.
Konsep sekolah ramah lingkungan saat ini benar-benar hilang, digantikan dengan konsep sekolah modern dengan berbagai teknologi yang sebenarnya bisa merusak lingkungan. Kenyamanan yang didapat dari teknologi modern tersebut juga harus dibayar mahal oleh siswa. Sedangkan sekolah dengan konsep ramah lingkungan yang gratis malah ditinggalkan.
Contoh Lingkungan Bersih

Kenyamanan dalam belajar di sekolah sebenarnya bukan hanya terbatas di ruang kelas saja, akan tetapi harus dirasakan diseluruh lingkungan sekolah. Karena lingkungan sekolah juga merupakan tempat belajar bagi siswa. Lingkungan sekolah yang asri, bersih dan rindang tentu akan membuat semangat belajar siswa bertambah.
Dengan menerapkan model pendidikan berwawasan lingkungan, secara tidak langsung mengajarkan siswa untuk belajar menjaga lingkungan sekolah secara bersama-sama. Dan tentunya model seperti itu akan membuat sekolah dan siswa mendapatkan keuntungan. Siswa dapat belajar tekun dengan suasana nyaman, sedangkan sekolah juga akan terlihat asri dan rapi.
Sekolah Hijau
Program dari Kementerian Negera Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional yang memberikan penghargaan Adiwiyata kepada sekolah-sekolah yang menerapkan kebijakan lingkungan patut diapresiasi. Hal itu sebagai motivasi agar sekolah senantiasa menjaga lingkungan.
Program tersebut sangat penting karena bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
Untuk itulah sangat baik sekali jika setiap sekolah mau menerapkan konsep Sekolah Hijau (grenn school). Konsep ini dimaksudkan agar setiap sekolah mampu berpartisipasi dalam menjaga lingkungannya menjadi lebih nyaman. Hal termudah yang bisa dilakukan sekolah dalam mewujudkan sekolah hijau adalah membuat taman sekolah yang diisi dengan tanaman bunga beraneka ragam.
Selain itu bagi sekolah yang memiliki lahan yang luas dapat membuat kebun sekolah. Kebun tersebut dapat ditamani berbagai tanaman buah-buahan maupun obat-obatan. Disamping bermanfaat untuk menjaga lingkungan sekolah menjadi lebih hijau, tanaman tersebut jelas memberikan banyak manfaat bagi sekolah.

6 komentar:

  1. Sangat setuju,,, Sesegar apapun udara AC tetap lebih segar suasana alam yang rindang.

    BalasHapus
  2. bekas sekolahku dulu terkenal dengan green school sekrang bangunan semua

    BalasHapus
  3. Wah sangat bermanfaat sekali nih sejak dini anak-anak diajarkan tentang lingkunngan hidup

    BalasHapus
  4. pendidikan sekarang seharusnya membrikan porsi untuk terjang langsung kelingkingan.

    BalasHapus
  5. An ecstatic BJP has turned the oddsmakers into soothsayers so far with his five-race win streak, the last on March 31.
    It's going to take a team. Travis' illness is related to his" recently acquired viral cardiomyopathy," one riad
    marrakech diana of the OLEV buses is passing by,
    making it a mall within a mall.

    Stop by my blog post - Riad Catalina Marrakech Guesthouse

    BalasHapus